Search
  • Crystal Ball

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menambahkan Anotasi Google Analytics


Apa itu anotasi Google Analytics? Bagaimana cara kerja anotasi untuk Analytics? Bagaimana Anda menambahkan anotasi di Universal Analytics, Google Analytics 4, dan Google Ads? Di mana opsi untuk menambahkan anotasi di GA4? Bagaimana cara mengimpor anotasi Universal Analytics?


Google Analytics adalah platform pemasaran yang paling efektif. Namun, untuk menggunakannya secara efektif dan produktif tergantung pada seberapa luas Anda dengan fitur-fitur yang tersedia di platform. Tentu saja, komponen ditambahkan untuk membantu Anda dengan analitik Anda. Tetapi tidak setiap pemasar atau analis dapat memanfaatkan semua fitur tersebut, sehingga membuat pekerjaan tampak sulit. Ini tidak harus. Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pelaporan data Anda. Salah satunya adalah alat anotasi.


Posting ini akan membahas apa itu anotasi dan bagaimana anotasi dapat digunakan di Google Analytics. Selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana Anda dapat membubuhi keterangan pada data Anda menggunakan alat anotasi otomatis. Bukan berita lagi bahwa fitur anotasi tidak diaktifkan di Google Analytics 4. Jadi, jika Anda bermigrasi ke Google Analytics 4, Anda perlu tahu cara menambahkan anotasi. Ada alat yang dapat membantu dengan itu dan kita akan membicarakannya di sini. Kami membuat posting ini untuk menunjukkan kepada pengguna cara menambahkan anotasi di Google Analytics. Tapi pertama-tama, apa arti anotasi, dan bagaimana cara kerjanya di Google Analytics?



Anotasi Di Google Analytics

Salah satu alat Google Analytics yang kurang dikenal adalah anotasi. Namun, ini adalah tugas penting dan berharga bagi setiap pemasar. Anotasi adalah alat yang dapat membantu Anda tetap mengetahui situasi apa pun yang dapat memengaruhi pemasaran Anda. Selain itu, mereka membantu Anda melacak Google Analytics Anda dengan memungkinkan Anda membuat catatan publik atau pribadi pada grafik. Apakah Anda menyadari bahwa anotasi sederhana pada grafik waktu dapat menghemat waktu berjam-jam untuk berpikir berlebihan dan stres terkait decoding data?


Setiap pengguna dengan akses ke profil Google Analytics dapat meninggalkan catatan bersama atau pribadi secara langsung pada grafik dari waktu ke waktu menggunakan anotasi. Menggunakan prinsip membawa intelijen ke data, Anda dapat menangkap intelijen lokal perusahaan Anda, yang merupakan sumber daya yang paling mahal dan mudah hilang dari semuanya. Pentingnya anotasi dalam data Anda tidak dapat terlalu ditekankan. Anda akan memiliki akses ke wawasan mendalam yang akan membantu Anda dalam jangka panjang. Berikut adalah tiga manfaat utama menggunakan anotasi untuk analitik data Anda:

  • Anotasi membantu Anda memberikan jawaban atas pertanyaan paling penting dan memberikan pengetahuan bisnis utama dengan meningkatkan kecepatan pemecahan masalah dan menghemat waktu Anda.

  • Data lebih mudah dipahami dengan anotasi.

  • Anotasi membantu anggota tim dalam mengingat dan melacak peristiwa dan kondisi.

Jadi pada dasarnya, Anotasi tidak menambah nilai statistik pada data yang Anda lihat. Mereka tidak memberi tahu Anda berapa banyak yang telah berubah di situs Anda atau berapa banyak hal yang telah terjadi pada hari tertentu. Namun, mereka memberikan konteks penting untuk menilai data Anda. Mereka dapat membantu Anda dalam menentukan kemungkinan konsekuensi dari tindakan Anda, serta tindakan aktor lain. Anotasi membantu Anda mencari tahu mengapa ada puncak dan palung dalam lalu lintas. Karena mereka menghubungkan acara dan aktivitas dengan tanggal tertentu, mereka dapat membantu Anda memahami mengapa pengunjung Anda bertindak berbeda.


Untuk melihat anotasi Anda di Google Analytics, buka Admin. Pilih tampilan Google Analytics. Kemudian, pergi ke bagian anotasi. Anda selalu dapat mengakses anotasi yang dibuat oleh orang lain dengan visibilitas bersama dan milik Anda dengan visibilitas pribadi.


Cara Menambahkan Anotasi Di Google Analytics

Menambahkan anotasi di Google Analytics relatif mudah, ini adalah cara Google (terus membaca untuk melihat opsi unggulan). Untuk menyertakan anotasi dalam data Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke Google Analytics Anda.

  • Buka laporan (yang diharapkan memiliki garis waktu).

  • Klik pada tab abu-abu kecil di bawah garis waktu.

Add annotation

  • Klik "+ Buat Anotasi Baru."

Create new annotation in Universal Analytics

  • Pilih tanggal yang ingin Anda tetapkan anotasinya

  • Sertakan catatan Anda.

Add your text to the annotation

  • Pilih visibilitas anotasi antara Pribadi dan Publik. Pengguna dengan akses "Baca dan Analisis" hanya dapat membuat anotasi pribadi.

  • Simpan entri Anda.


annotation icon
this is your annotation

Perhatikan juga bahwa jika Anda menggunakan alat anotasi analitik Crystal Ball, prosesnya serupa tetapi menjadi lebih baik dengan anotasi otomatis yang disertakan dengan Ekstensi Chrome. Anda tidak perlu menyiapkan inovasi secara manual di data Anda. Fitur otomatisasi membuat anotasi menjadi cepat, diperkaya, mendetail, dan Anda selalu dapat memercayai wawasan yang Anda kumpulkan. Jadi, apakah Anda menggunakan Universal Analytics atau Google Analytics 4, alat anotasi Crystal Ball bekerja dengan sempurna.


Cara Menambahkan Anotasi Di Google Analytics 4 (GA4)

Langganan GA4 meningkat karena banyak pemasar dan analis bermigrasi. Seperti yang kami katakan di awal posting ini bahwa Google Analytics 4 yang baru tidak menyertakan anotasi. Tetapi ada cara untuk mengatasi hal ini jika Anda tidak dapat melakukannya tanpa memberi anotasi pada data Anda. Anda bisa mendapatkan alat anotasi Bola Kristal dari toko Chrome dan menginstal Ekstensi. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu kehilangan semua anotasi di properti UA Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat mengimpornya langsung ke data GA4 baru Anda. Berikut adalah cara menambahkan anotasi di Google Analytics 4 menggunakan alat anotasi data Crystal Ball:

  • Unduh ekstensi dari Google Chrome. Instal dan aktifkan.

  • Anda akan memiliki dasbor tempat Anda dapat menggunakan semua fungsi yang tersedia untuk anotasi Anda.

  • Buka, klik "Tambah Manual" untuk menambahkan anotasi secara manual.


  • Sertakan informasi tentang acara atau aktivitas yang ingin Anda lacak (nama, nama acara, dan deskripsi).

GA annotation insert your description

  • Pada grafik Anda, klik titik merah untuk membuka anotasi Anda.

Google Analytics 4 annotation

  • Ini juga berfungsi di Universal Analytics dan GA4

Google Analytics annotation (Universal Analytics)

  • Anda juga dapat mengunggah anotasi lama menggunakan fungsi “Unggah CSV”. Salin anotasi lama Anda ke dalam file excel dan unggah. Klik "pilih file" dan lampirkan dokumen excel yang berisi anotasi Anda.

Upload CSV list annotations to Google Analytics

  • Ekstensi Chrome ini memungkinkan Anda mengaktifkan anotasi otomatis untuk melacak dan memberi anotasi pada peristiwa dan aktivitas yang memengaruhi situs web Anda. Di dasbor Anda, klik "Otomasi" dan aktifkan atau nonaktifkan anotasi otomatis untuk acara yang terdaftar.

Automate Google Analytics Annotation

  • Anda juga dapat mengintegrasikan analitik data Anda dengan alat lain untuk meningkatkan anotasi Anda. Ini dapat membantu Anda mengumpulkan wawasan yang lebih banyak dan lebih baik tentang aktivitas dan kinerja situs web Anda. Klik "Integrasi" dan segera ikuti.

Integrate Google Analytics annotations with tools

Anotasi Di Google Analytics 4

Mereka yang memahami nilai Analytics akan setuju bahwa memasukkannya ke dalam organisasi mereka adalah suatu keharusan. Banyak bisnis, besar dan kecil, mengandalkan Google Analytics untuk lebih memahami preferensi konsumen mereka dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Dengan kata lain, bisnis mulai memahami nilai mengembangkan hubungan dan preferensi pelanggan yang disesuaikan untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Jutaan perusahaan dan organisasi akan online untuk memberikan layanan klien dan pelanggan yang lebih baik dan lebih efisien. Solusi analitik digital akan menjadi lebih penting karena mereka menghabiskan sejumlah besar uang untuk pemasaran ke audiens yang lebih besar dan membangun pengalaman perusahaan yang lebih baik.


Terlepas dari alat analitik yang sebelumnya dapat diakses, beberapa pola dan perkembangan baru muncul, menunjukkan bahwa alat analitik saat ini mungkin sudah usang. Perilaku konsumen dan kebijakan privasi, misalnya, telah berubah secara dramatis selama bertahun-tahun. Akibatnya, mereka cenderung memengaruhi aturan dan standar industri, membuat alat yang ada menjadi tidak efisien dan lambat. Menurut jajak pendapat Forrester Consulting, bisnis pemasaran dan pemasar menempatkan prioritas tinggi pada peningkatan solusi analitik mereka. Salah satu alasannya adalah karena solusi mereka saat ini tidak menyediakan data konsumen yang lengkap, sehingga lebih sulit untuk menarik wawasan yang lebih besar.


Google Analytics 4 dirilis sebagai akibat dari faktor-faktor di atas. Namun, Google Analytics ini lebih canggih, dan dibuat di atas properti Aplikasi + Web, yang baru saja dirilis dalam versi beta. Selain itu, versi baru memiliki penyempurnaan yang melampaui Universal Analytics.

Fitur Lain Alat Anotasi Analisis Data Bola Kristal

Kami telah menerima ulasan yang sangat baik tentang Ekstensi Chrome ini. Saat ini, alat anotasi untuk Google Analytics 4. Alat ini sangat membantu, dan kami senang pengguna sekarang mendapatkan pemahaman dan wawasan yang lebih baik tentang laporan mereka. Namun, lebih dari yang diminta, alat ini menawarkan fitur anotasi yang ditingkatkan yang umumnya terus memudahkan pelaporan data dan pengumpulan wawasan.

  • Anda dapat menambahkan anotasi secara otomatis.

  • Terima informasi di email Anda tentang perubahan situs web, pemberitahuan berita, siaran pers, liburan, dll.

  • Tingkatkan laporan GA4 Anda melalui anotasi massal.

  • Salin dan unggah anotasi lama Anda dari UA ke properti GA 4 baru Anda melalui unggahan CSV.

  • Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengintegrasikan properti Google Analytics Anda dengan alat pemasaran lain seperti Google Ads, Trello, Slack, Mailchimp, dll.


Kapan Menambahkan Anotasi

Anotasi adalah cara terbaik untuk menandai tanggal yang relevan dalam laporan Anda. Buat anotasi untuk modifikasi apa pun yang dapat memengaruhi data Anda karena memberikan konteks. Misalnya, anotasi harus ditambahkan ke apa pun yang menyebabkan peningkatan atau penurunan lalu lintas. Umumnya, Anda dapat menggunakan anotasi untuk menandai hal berikut:

  • Kampanye email yang Anda kirim atau luncurkan

  • Iklan offline untuk audiens yang lebih luas

  • Perubahan situs web termasuk situs web yang didesain ulang atau pengenalan konten volume tinggi

  • Kampanye iklan digital

  • Acara dan hari libur

  • Kerusakan situs web dan masalah server

  • Setiap peristiwa hingga aktivitas yang dapat memengaruhi bisnis Anda


Catatan Akhir

Apakah kami berharap postingan ini menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang anotasi Google Analytics? Anotasi itu penting dan sangat berguna dalam analisis Anda. Dan tidak masalah jika Anda masih menggunakan Universal Analytics atau sudah bermigrasi ke Google Analytics 4, Anda masih dapat membuat anotasi menggunakan alat anotasi Crystal Ball. Ini adalah alternatif yang bagus untuk anotasi di UA dan juga berguna untuk anotasi GA4. Kami sedang berupaya meningkatkan alat anotasi agar memiliki fitur tambahan untuk penggunaan yang lebih baik lagi.

Jangan ragu untuk memberikan ulasan Anda, dan jangan lupa untuk memeriksa nanti untuk lebih banyak posting.

12 views